Selasa, 22 September 2009

Lembah Harau


Lembah Harau, Kabupaten Lima Puluh Koto, berjarak kuranglebih 15 kilometer dari Payakumbuh atau 47 km timur laut Bukittinggi. Selama perjalanan, terlihat banyak juga kendaraan umum, artinya Lembah Harau bisa dijangkau relatif mudah dengan kendaraan umum.
Sampai ke jalan masuk menuju Lembah Harau, ada pertigaan, ke kiri atau ke kanan masing-masing mempunyai air terjun. Sebenarnya air terjun ditampung di sebuat kolam besar dan pengunjung bisa berenang. Pemandangan sangat menakjubkan. Tebing yang tinggi dengan air terjun dan di sebelahnya hutan hujan tropis. Tempat ini bagaikan Jurassic Park yang dikelilingi tebing tinggi dan di tengah terdapat hutan dan sawah hijau.
Di dekat Air terjun terdapat warung-warung makan dan penjual tanaman. Kebanyakan tanaman yang dijual adalah kantong semar. Bermacam jenis kantong semar ada di situ, ada anggrek yang juga berbentuk kantong semar. Harganyapun tak terlalu mahal sekitar 20-30rb. di situ ada penginapan homestay dan cafe “Echo”. Didirikan tepat di bawah tebing menjulang. untuk masuk melewati jalan setapak dan menyeberang sungai kecil melalui jembatan kayu. Dinamai Echo mungkin karena letaknya yang dikelilingi tebing sehingga kalau kita berteriak pasti akan terdengan echo (gaung). Sungguh suasana yang unik. Ada penginapan yang berbentuk cottage dan per kamar besar yang bisa digunakan untuk keluarga. Di cafenya ada tempat pertemuan dengan meja besar dikelilingi kursi. Penginapan tersebut tidak mewah tapi terlihat bersih dan terawat dan tentu unik dengan bentuknya yang khas minang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar